![]() |
George Polya (doc. google.com) |
Prof. George Polya,
yang lebih akrab dipanggil Polya, adalah profesor Matematika di Universitas
Stanford, Amerika Serikat. Tulisan beliau berjudul The Goals of Mathematics Education yang dibuat pada tahun 1969 akan dikupas di
essay singkat ini.
Gambaran Pemikiran Polya
Pada metode lama, guru menjadi pusat kegiatan belajar
mengajar. Guru menjadi instrumen yang sangat aktif, sedangkan murid pasif.
Kegiatan belajar di kelas, kaku dan searah. Seharusnya, kegiatan pembelajaran
terpusat pada murid. Murid diberi porsi yang lebih untuk menuangkan idenya di
kelas. Guru hanya sebagai partner dalam
belajar. Kegiatan di kelas, bebas dan multiarah.
Mengajar bukanlah ilmu melainkan seni. Oleh karenanya, tidak
ada cara yang saklek dalam mengajar. Murid
diharapkan dapat mengambil esensi dari berbagai macam metode pengajaran di
kelas. Terkait dengan pengajaran matematika, guru dapat menstimulus murid untuk
dapat menerka yakni melalui metode penemuan (discovery method). Murid pada akhirnya akan menemukan solusi
sendiri tanpa dikomando oleh guru. Mengajar matematika adalah mengembangan
kemampuan untuk berfikir. Tegasnya, menumbuhkan mental untuk dapat
menyelesaikan berbagai masalah. Memahami matematika berarti melakukan
matematika (bermatematika) yakni mampu menyelesaikan matematika. Fondasi
bermatematika diberikan di sekolah dasar dimana taktik menyelesaikan masalah
yang ditekankan, bukan bagaimana menyelesaikan berbagai masalah.
Tanggapan
Tujuan pengajaran matematika yang dicetuskan oleh Polya yakni
lebih menekankan peran murid dalam belajar mengajar melalui discovery method adalah sesuai dengan
tuntutan abad 21 dimana kemajuan teknologi dan akses informasi terbuka bebas.
Hanya saja, metode tersebut tidak mudah diterapkan di negara-negara yang berada
di area comfort zone dalam
menggunakan metode pengajaran lama seperti halnya Indonesia.
*Tulisan ini dibuat sebagai tugas mata kuliah Teori Belajar Matematika Tahun Akademik 2013/2014
*Tulisan ini dibuat sebagai tugas mata kuliah Teori Belajar Matematika Tahun Akademik 2013/2014
0 komentar:
Post a Comment