Kurikulum 2013 merupakan produk
instan dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di republik ini. Pengubahan
kurikulum dipandang sebagai solusi tunggal. Faktanya tidaklah demikian,
pemerintah terlihat gegabah dalam menggolkan kebijakan penggantian kurikulum
ini. Padahal instrumen penting guru belum dilatih secara optimal. Akibatnya
perubahan kurikulum yang memakan anggaran yang besar sekali berujung pada
kesia-siaan. Lihat saya pada buku paket kurikulum 2013 yang berisikan materi
ajar untuk murid-murid sekolah. Misalkan pada disiplin mata pelajaran
matematika, setidaknya terdapat kekurangan fundamental. Pertama, proses berfikir deduktif dalam matematika dikesampingkan. Kedua, ambiguitas dalam contoh soal. Ketiga, irasional secara logika. Banyak
sekali contoh soal yang tidak berpijak
pada realita sosial. Hal ini membuat matematika semakin terasing dengan
kehidupan nyata. Terlihat sekali bahwa yang membuat materi ajar matematika
bukanlah seorang pakar maematika. Hal inilah yang membahayakan guru dan peserta
didik yang menjalani proses pembelajaran matematika di kelas.
![]() |
Lagi-lagi siswa yang menjadi korban (doc. google.com) |
Materi ajar dalam buku paket matemaika
di kurikulum 2013 terbukti tidak cocok diajarkan dalam kelas. Oleh karenanya,
guru dan insan yang peduli pada pendidikan perlu mengadakan alternatif materi
ajar yang lebih pas dalam upaya memfahamkan matematika kepada peserta didik.
Tiga hal yang menjadi prinsip yakni aman, menantang, dan baru. Metode
nonklasikal yang perlu dibuat berupa pembuatan website yang berisikan materi
ajar matematika yang memenuhi ketiga prinsip diatas. Juga dibarengi dengan
penyajian animasi-animasi matematika yang menghibur dan melatih proses
kreativitas berfikir siswa. Juga dibarengi pula dengan pembentukan komunitas guru
terampil matematika yang anggotanya adalah guru-guru matematika yang sadar akan
ketidakberesan materi ajar matematika ini.
Materi ajar bisa diunduh di http://matematikasmpdki.blogspot.com/2013/07/buku-matematika-kelas-vii-kurikulum-2013.html
*Dibuat sebagai tugas mata kuliah Teori Belajar Matematika
0 komentar:
Post a Comment