Saya belum baca program kerja apa saja yang dilakukan oleh
Depkominfo KM ITB. Saya mengenal Departemen Komunikasi dan informasi pastinya
sajikan hal-hal informatif untuk mengenalkan KM ITB lebih jauh ke publik kampus
maupun luar kampus. Intinya pencitraan.
Saya memandang departemen ini sangat strategis. Sebagai
organisasi induk kemahasiswaa ITB, pastinya departemen ini punya otoritas untuk
mensinergikan organisasi/unit yang berhubungan langsung dengan KM ITB. So, awal
yang harus dilakukan adalah mendata semua organisasi yang ada di bawah KM ITB.
Selanjutnya mencari informasi kelengkapan dari setiap organisasi tersebut
melalui website terkait. Jika ada organisasi yang belum punya website dibantu
untuk pembuatannya. Selanjutnya dilakukan manajemen pengelolaan website.
Koordinasi dilakukan secara online dengan memanfaatkan website KM ITB untuk
diadakan menu FORUM. Tersedia FORUM per rumpun. Diskusi di FORUM diprioritaskan
bagi setiap ketua organisasi. Unit-unit dibawah departemen/kemenkoan KM ITB,
sedangkan para Kahim langsung dibawah Presiden KM ITB.
Website KM ITB Bernilai Rupiah
Pengadaan website baru saya yakin itu adalah kebijakan yang
konyol di saat web yang sudah ada punya KM ITB sepi pengunjung karena jarang
di-update beritanya. So, pemaksimalan
web KM ITB yang sudah ada menjadi harga mati. Template yang monoton diganti dengan lebih eye-catching yang lebih dinamis dan muda. Konten-konten yang
sekiranya tidak dibutuhkan harus segera di-delete.
Tersedianya menu FORUM menjadikan website ini ramai pengunjung. Web ini menjadi
induk bagi segenap organisasi di ITB. Orang yang baru tahu akan ITB lebih
mengenal daleman ITB lewat website ini. Website ini sangat update karena “Jika suatu saat sebuah organisasi di ITB update berita maka otomatis menjadi
postingan web KM ITB (biarpun saya belum tahu caranya, tapi saya yakin bisa)”.
Hal ini menjadikan web KM ITB selalu hidup.
Ramainya pengunjung web jadikan web KM ITB dilirik oleh
berbagai perusahaan mahasiswa atau alumni untuk beriklan. Tarif iklan
ditentukan dengan detail. Anggota Depkominfo jadinya tak hanya melulu mencari
berita, mereka dilatih untuk berbisnis di dunia online. Saya yakin sangat menarik.
Kalau bisa saya simpulkan segala hal mengenai ITB ada di web
ini. Sistem web sangat terintegrasi dan bisa dimanfaatkan untuk setiap kepengurusan
KM ITB.
0 komentar:
Post a Comment